Analisis Persaingan antara Spotify dan Joox

Seiring perkembangan zaman yang semakin cepat tentunya akan  berdampak juga pada perkembangan aplikasi berbasis Cloud sehingga begitu banyak aplikasi berbasis cloud yang sejenis sehingga menimbulkan adanya persaingan. Dan contohnya disini saya akan membahas persaingan aplikasi berbasis Cloud yaitu anatara Spotify dan Joox.

JOOX (berasal dari kata “jukebox”) merupakan layanan musik streaming legal melalui internet  dengan sentuhan personal yang diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok, yang merupakan perusahaan di balik instant messaging WeChat. Tersedia dalam bentuk mobile app (Android dan IOS) dan situs web, para pengguna dapat mendengarkan lebih dari dua juta lagu dan playlist pilihan lokal dan internasional secara gratis, serta mengunduhnya untuk didengarkan secara offline. SedangkanSpotify adalah layanan streaming musik yang resmi masuk Indonesia pada tanggal 30 Maret 2016. Terdapat dua versi layanan yaitu gratis dan premium (berbayar). Untuk versi  gratis fiturnya terbatas, sedangkan versi premium mempunyai banyak fitur seperti bebas memilih dan skip lagu, dapat memainkan lagu secara offline, tidak ada iklan dan dapat memilih kualitas lagu yang lebih baik.

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi yang sedang hits ini dan sedang banyak digunakan oleh berbagai jenis kalangan. Spotify dan Joox ini Sama-sama menawarkan layanan streaming bagi pecinta musik, dan dengan adanya aplikasi ini anda tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan memori akibat menyimpan ratusan atau bahkan ribuan lagu-lagu karena aplikasi ini dapat menghemat memori smartphone anda karena di dalam aplikasi ini di dalamnya  sudah terdapat banyak sekali lagu-lagu mulai dari lagu lama sampai lagu terbaru. yang tentunya dengan adanya aplikasi ini akan membantu kalian para pencita musik untuk mendengarkan lagu dengan mudah tanpa harus mendownloadnya.

Nah disini saya akan membahas pengenai persaingan antara 2 aplikasi ini yakni Spotify dan Joox.Saya akan membahas satu persatu apa yang membedakan antara spotify dan Joox.

  • Dari Segi Tampilan atau Interface

Dilihat dari tampilannya JOOX (Kiri) terlihat lebih berwarna dan atraktif, sedangkan spotify (Kanan) Lebih terlihat simple & elegan karena spotify terlihat lebih mengutamakan kemudahan dan kesederhanaan. Tetapi, JOOX mempunyai nilai lebih karena JOOX menyediakan Theme Center sehingga pengguna bisa mengubah tampilan JOOX mereka dengan mengunduh tema yang telah disediakan.

Dan berikut ini ada beberapa contoh tema yang tersedia di Galeri Tema JOOX:f3.png

Walaupun JOOX lebih terlihat keren, tetapi kelebihan itu harus di bayar mahal karena pengoprasian aplikasi menjadi lebih berat apalagi di smartphone low end yang memiliki prosesor lawas dan ram yang kecil. Sebaliknya, Spotify memiliki performa yang ringan dan cepat karena aplikasi ini mengusung tampilan yang sederhana.

  • Pendaftaran Member Baru

Dari segi ini, Kedua aplikasi menyediakan pendaftaran yang memudahkan pengguna untuk melakukan sign up karena kedua aplikasi ini tidak membutuhkan credit card seperti Apple Music.

Di joox, anda dapat mendaftar menggunakan akun We Chat, Facebook maupun Email. Dan di Spotify, Anda bisa menggunakan Email maupun Facebook.

  • Katalog & Kategori Musik

Kedua aplikasi ini memiliki katalog musik yang hampir mirip seperti Genre dan Mood. Joox lebih menitik beratkan ragam kategore genre musik yang sangat lengkap, bahkan pop sunda dan dangdut pun ada di dalamnya. Tetapi, Untuk Mood, Spotify lebih unggul karena banyak sekali pilihan yang sangat pas sesuai keadaan pengguna. Contohnya, jika anda ingin tidur, anda dapat memilih mood tidur, dan banyak lagi mode keren lain yang dapat dipilih seperti Suasana Hati (Sedih, Semangat, Santai dan lainya), Pesta, Running, Perjalanan, Dekade, Makan Malam, Komedi dan masih banyak lagi. Joox juga memiliki fitur ini, tetapi tidak sebaik yang dimiliki spotify.

Sekedar info, Spotify mengklaim bahwa sudah ada 30+ Juta lagu tersedia di list musik mereka, Sedangkan JOOX baru memiliki sekitar 5+ Juta lagu. Tentunya itu wajar karena JOOX merupakan pendatang baru, sedangkan Spotify sudah sangat lama dalam bisnis ini.

  • Kualitas Suara Saat Streaming Lagu

f8

Dari segi kualitas suara, keduanya memiliki pengaturan kualitas musik yang bisa diatur lewat pengaturan. Untuk Spotify, pengaturan kualitas suara bisa diatur secara otomatis sehingga menyesuaikan dengan kecepatan koneksi internet pengguna. Untuk JOOX, musik dapat diatur dengan kualitas low, medium atau high. Pengaturan low tentunya akan menghemat data yang dibutuhkan untuk streaming musik, begitupun sebaliknya.

  • Sinkronisasi antar perangkat

f9

Fitur sinkon merupakan fitur yang wajib ada di setiap penyedia layanan music streaming. Alasanya tidak lain karena user mungkin menggunakan banyak perangkat yang beragam seperti PC, Notebook dan Smartphone. Nah, untuk mendukung mobilitas, Spotify maupun JOOX juga memiliki fitur ini, Tetapi untuk urusan sinkronisasi, Spotify lebih unggul karena dengan hanya mendownload lagu di perangkan desktop atau PC, anda dapat langsung mengontrol lagu yang kamu unduh dan dengarkan di smartphone seperti android atau ios, begitupun Sebaliknya.

Dan fitur lain yang dimiliki kedua aplikasi ini yaitu Semua lagu yang ada di akun kamu akan tersimpan di semua perangkat secara otomatis, Jadi anda tidak akan kerepotan walaupun berpindah-pindah perangkat, asalkan menggunakan akun yang sama.

  • Layanan VIP & Premium

Untuk layanan Premium & VIP, keduanya menyediakan trial gratis. JOOX menyediakan layanan VIP Gratis selama 1 bulan untuk member baru, Sedangkan Spotify menyediakan 1 Minggu Layanan Premium untuk member baru. Jika masa layanan habis, Anda masih dapat mendengarkan lagu tetapi dengan konsekuensi anda akan mendengarkan iklan audio di setiap anda memutar musik. Dan untuk JOOX, anda tidak akan bisa menikmati lagu berlabel VIP lagi dan fitur download pun tidak akan tersedia.

Tetapi, ada kelebihan yang sangat keren dari JOOX. Kita dapat memiliki layanan VIP Gratis selama satu hari Gratis! Caranya yaitu hanya dengan menshare lagu yang kita dengarkan ke sosial media seperti facebook maupun wechat. Jadi, kita bisa mendapatkan VIP Selamanya hanya dengan share lagu setiap hari. Keren bukan?

f10.png

Tampilan Pembayaran Joox

Dan untuk pembayaran, JOOX lebih mudah karena kita bisa membayar dengan billing operator lewat google play, jadi dengan hanya menggunakan pulsa, kita tidak perlu repot-repot membayar dengan kartu kredit. Tetapi, menurut info yang saya pernah baca, Fitur ini pun akan tersedia di spotify, hanya tinggal menunggu waktu saja.

  • Fitur Tambahan
f11

Fitur DTS pada Joox

Untuk fitur tambahan, Spotify mungkin sedikit kalah karena JOOX memiliki beberapa fitur keren seperti DTS yang dapat meningkatkan kualitas audio dengan mengunakan efek DTS yang telah disediakan. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia secara gratis! Anda diharuskan untuk membayar 15 ribu rupiah / bulan. Tetapi tenang saja, Bagi member baru, akan diberikan layanan DTS gratis selama 3 Bulan secara cuma-cuma.

f12.png

Fitur Timer pada Joox

Fitur lain yang tak kalah penting yaitu Timer. Lagi-lagi, Spotify tidak dibekali fitur ini dan harus tunduk kepada JOOX karena JOOX memiliki penghitung waktu sehingga anda dapat mengatur kapan aplikasi dimatikan. Tentunya fitur ini sangat penting ketika kita ingin mendengarkan musik sebelum tidur.

f13.png

Fitur Lirik pada Joox

JOOX juga memiliki fitur lirik yang akan muncul setiap kita mendengarkan lagu yang kita pilih. Tentu fitur ini sangat penting apalagi buat anda yang suka berkaraoke ria selagi mendengarkan musik.

f14

Fitur Kartu Lirik pada Joox

Dan ada suatu fitur yang menarik dari JOOX. Fitur ini dinamakan Kartu lirik! Kartu lirik berguna untuk membuat kutipan lirik bergambar dari lagu yang sedang kita dengarkan. Anda dapat mengatur lirik yang ingin di kutip, Background, dan Jenis Font. Setelah anda membuat suatu kartu lirik, anda dapat menshare nya ke sosial media ataupun dijadikan Profil Picture.

Nah dari yang sudah saya jelaskan tadi dari semua compare diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Kedua aplikasi musik streaming diatas memiliki kelebihan dan kelemahanya masing masing. Spotify lebih unggul di segi performa yang ringan dan tampilan yang sederhana. Belum lagi Lagu yang disediakan oleh Spotify sangat banyak, Sekitar 30+ lagu tersedia dalam list musik mereka. Tidak lupa, Spotify juga memiliki fitur tangga lagu yang sangat penting karena fitur ini dapat mempermudah kita untuk mendengarkan musik yang terbaik saat ini. Dan tidak lupa, Spotify juga memiliki Katalog Musik yang bagus apalagi kategori MOOD nya yang dapat mempermudah kita dalam memilih lagu sesuai keadaan pengguna. Dan Spotify juga unggul di kualitas streaming dan fitur Last.FM cocok bagi pecinta musik yang mengutamakan kualitas dan kemudahan sinkronisasi antar perangkat

Untuk JOOX, Kelebihan yang paling menonjol yaitu dari segi interfacenya. JOOX menyediakan Galeri tema sehingga user tidak akan bosan dalam menatap aplikasi JOOX. Keunggulan lainya yaitu pada fitur tambahan seperti Timer. Lirik, DTS Effect dan Kartu Lirik yang sangat berguna untuk menunjang aktifitas Musik Streaming pengguna.

Dan yang paling Penting, JOOX memiliki fitur sharing sosial yang dapat menghasilkan layanan VIP Gratis selama 1 Hari. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadi anggota VIP setiap hari tanpa harus mengeluarkan biaya.

Dan JOOX juga sangat cocok kamu pecinta musik yang tidak ingin mengeluarkan uang sedikitpun untuk membayar biaya langganan VIP JOOX. Cukup membagikan satu lagu ke WeChat atau Facebook, kamu akan mendapatkan layanan VIP JOOX gratis seharian.

 

Dhea Nur Fitrianti

1401154393

MB3804

Tinggalkan komentar