Analisis Sharing Economic Gojek

Disini saya akan menganalisis bisnis sharing Economic dari Perusahaan Gojek, yang berupa E-Product, E-Service, E-Procurrement, E-Marketing, E-Contracting, E-Distribution, E-Paymentdan E-CRM. Disini saya akan menjelaskan satu-satu secara detail terhadap perusahaan Gojek.

Pertama disini saya akan membahas Sharing Economic Gojek. Sebelum adanya layanan gojek ini dahulu masyarakat jika ingin berpergian dengan menggunakan jasa sepeda motor atau yang biasa dibilang dengan ojek mereka harus terlebih dahulu pergi ke tempat pangkalan ojeknya tersebut. Begitu pula dengan jika kita ingin menggunakan kendaraan roda empat, kita harus pergi menuju dimana biasanya kendaaan tersebut ada. Berbeda sekali dengan Layanan Gojek, kita bisa hanya tinggal memenggunakan handphone untuk memesan ojek maupun mobil. Yang dimana mereka langsung menghampiri dimana lokasi kita berada dan mengantar kita kelokasi yang dituju. Dan untuk harganya pun bisa dibilang lebih murah dibandingkan Ojek maupun Sarana transportasi lainnya.  Dan di aplikasi Gojek ini juga tidak hanya melayani jasa berkendara saja tetapi di gojek ini terbadap berbagai macam pelayanan contohnya yaitu layanan untuk pesan antar makanan, layanan kurir antar barang, layanan kebersihan dan masih banyak lagi. Sedangkan pada zaman sebelum adanya gojek ini dalam memesan makanan mereka hanya dapat menggunakan jasa yang telah disediakan oleh pihak restaurantnya saja dan itupun tidak semua restaurant menyediakan layanan pesan antar atau yang sering kita sebut Delivery. Dan untuk layanan kurir pun bisa dibilang jarang pada zaman dulu karena kita dalam mengantarkan barang harus diantar oleh diri sendiri, meski sebenarnya sudah ada penyedia jasa antar barang seperti JNE, TIKI, dsb. Namun penyedia jasa tersebut pun butuh jangka waktu yang relatif lebih lama jika dibandingkan kita menggunakan gojek terlebih lagi kita harus pergi menuju layanan jasa antar barang tersebut berada sedangkan gojek mereka yang mendatangi kita untuk mengambil barang kemudian nantinya mereka mengantarkan barang kita ketempat yang kita tuju. Tentunya Aplikasi layanan Gojek ini sangatlah membantu sekali karena sangatlah membatu sekali dan juga dapat menghemat waktu juga.

Kemudian saya akan membahas mengenai  E-Product, E-Service, E-Procurrement, E-Marketing, E-Contracting, E-Distribution, E-Paymentdan E-CRM dalam perusahaan Gojek.

E-PRODUCT

E-product sendiri dalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untk diperhatikan, dipakai, dimilii atau dikonsumsikan sehingga dapat memuakan keinginan. dan E-Product dari Gojek ini yaitu:

S.jpg

Produk Layanan Gojek

  1. GO-RIDE

layanan transportasi sepeda motor yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.

  1. GO-CAR 

layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.

  1. GO-FOOD

layanan pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Kami memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran.

  1. GO-SEND

layanan kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.

  1. GO-MART

layanan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam toko.

  1. GO-BOX

layanan pindah barang ukuran besar menggunakan truk bak/blind van.

  1. GO-MASSAGE

layanan jasa pijat kesehatan profesional langsung ke rumah Anda.

  1. GO-CLEAN

layanan jasa kebersihan profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor Anda.

  1. GO-GLAM

layanan jasa perawatan kecantikan untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah Anda.

  1. GO-TIX

layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.

  1. GO-BUSWAY

layanan untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.

  1. GO-PAY

layanan dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam aplikasi GO-JEK.

  1. GO-MED

layanan terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi.

  1. GO-AUTO

layanan auto care, auto service, dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.

  1. GO-PULSA

layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY.

E-SERVICE  

Selanjutnya ada E-Service. E-Service yang diberikan perusahaan gojek sendiri yaitu:

Input Data

Calon penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akan mengkalkulasi pembayaran. Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai Credit Go-Jek).

1.1 Input data & total biaya yang harus dibayar.

 

Driver On The Way

Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekat dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPS mengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lama estimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon penumpang.

1.2 Melihat driver sudah sampai dimana melalui layanan GPS.

SMS & Call

Ketika Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.

sms.jpg

1.3 SMS atau telepon ketika diver tidak kunjung datang

 Driver Review

Untuk fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yang dilakukan oleh supir Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan mendapatkan bonus bulanan.

re.jpg

1.4 Review Driver

My Wallet

Fitur ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash. Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan kode voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer uang melalui Bank yang sudah ditentukan.

my

1.5 Jumlah Gojek Kredit

Sebagai Perusahaan jasa yang sangat menjunjung tinggi sebuah kualitas jasa yang Gojek berikan, Go-Jek Memiliki manajemen kualitas Jasa yang baik seperti:

  1. Kehandalan

Go-jek mampu memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan tepat, dan dapat dipercaya, tepat waktu seperti pelayanan.

2. Daya Tanggap

Go-jek siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan konsumen karena go-jek melakukan sistem online dalam hal pelayanannya juga menyediakan pinjaman dana untuk konsumen yang menggunakan jasa belanja.

3. Assurance (Jaminan)

Dalam pelayanannya Gojek berusaha untuk membuat konsumen merasa aman dalam hal pemakaian jasa Go-jek, dan juga selalu sopan terhadap konsumen, Seperti:

  • Transparent pricing, Free shower cap and masker
  • Selalu mengutamakan kejujuran dan kepercayaan

4. Emphaty

Dalam hal ini Go-jek berusaha menjadikan konsumen seperti pathner dan juga menciptakan hubungan relasional yang baik dengan pelanggan.

5. Tangible

Go-jek Selalu memberikan fasilitas fisik yang memadai juga perlengkapan dan juga sarana komunikasi

  • Peralatan Modern : Sistem Online dan TI nya yang bisa di instal di android maupun IOS
  •  Fasilitas yang diberikan juga menarik baik penawaran jasanya maupun fidiknya sebagaimana diatas.

E-PROCUREMENT

E-procurement yaitu proses pengadaan barang atau jasa yang pelaksanaanya dilakukan secara elektronik yang berbasis web atau internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum, pra-kualifikasi dan sourcing secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website. Disini saya akan menjelaskan E-Procurement perusahaan gojek dan disini saya mengambil contoh pemesanan Go-Ride pada aplikasi Gojek:

  1. Buka aplikasi Gojek dari Smartphone anda
  2. Pilih layanan Go-Ride
  3. Masukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan
  4. Pilih pembayaran mana yang akan anda gunakan, yaitu apakah menggunakan uang tunai atau menggunakan Go-pay atau yang disebut dengan kredit
  5. kemudian gojek akan mengkalkulasi biaya yang harus anda bayarkan untuk perjalanan yang akan anda pesan
  6. jika setuju tekan “order” dan tunggu beberapa saat karena Gojek akan mencarikan driver terdekat dengan anda
  7. saat anda sudah mendapatkan driver, segera hubungi driver tersebut untuk memastikan bahwa order anda sudah diterima baik olehnya

Dan untuk cara menggunakan Layanan aplikasi gojek lainnya anda tinggal pilih layanan apa yang akan anda gunakan kemudian ikuti saja sesuai dengan apa yang diminta pada saat kita memilih layanan tersebut.

E-MARKETING

Pemasaran Gojek ini yaitu meggunakan media,  gojek menggunakan periklanan dan hubungan masyarakat karena, media komunikasi/promosi jasa ini sesuaidengan usaha yang gojek Jalankan.

  1. Penetapan Periklanan

Penetapan media periklanan yang kami ambil untuk mengenalkan Go-Jek Indonesia ini adalah menggunakan media Internet dan juga melalui tradisional markering seperti publikasi memalui brosur dan juga dari mulut ke mulut, dimana menurut kami media yang kami pilih ini sesuai dengan produk kami karena produk kami adalah tergolong produk baru dan juga dalam saluran distribusi diatas kami sudah menyebutkan bahwa kami menggunakan sistem pesanan (saluran distribusi langsung). Kalau kita hubungkan dengan landasan teori diatas media periklanan melalui internet memiliki keunggulan yang menguntungkan usaha baru, dimana keunggulannya adalah Selektivitas tinggi; biaya rendah; segera; kemampuan intekratif.

Selain itu kami juga melakukan E-camers dalam proses penjualan, pembayaran dan juga sekalian dapat membangun hubungan dengan konsumen. Ini dibuktikan dengan Go-Jek ini menggunakan aplikasi android dalam hal pemesanan jasanya.

2. Penetapan Hubungan Masyarakat

Berhubung Go-jek Indonesia ini adalah tergolong usaha baru di indonesia, kami penetapan promosi penjualan dengan cara Publisitas Produk Baru melalui Situs Internet (website), dimana Publisitas adalah suatu instrumen dalam memperkenalkan produk atau jasa baru dan juga situs internet sebagai alat humas merupakan suatu fenomena yang relative baru dalam bidang pemasaran. Dimana banyak pemasar awalnya menggunakan situs mereka sebagai cara utnuk mengiklankan produk dan jasa mereka, para professional humas saat ini merasa bahwa situs ini merupakan alat yang baik untuk menyampaikan pesan berita atas suatu produk, meningkatkan produk, hubungan strategis, dan penghasilan keuangan.

E-CONTRACTING

Dalam merekrut karyawan Go-Jek masih menggunakan cara manual, yakni requirement perusahaan masih dilakukan dengan cara menyeleksi CV para pelamar dan diambil apabila sesuai dengan ketentuan dan persyaratan perusahaan. Setelah karyawan diterima barulah Go-Jek membuat Human Resource Management, yaitu sebuah sistem yang terbagi atas staffing, training & development dan compensation administration. Dalam tahap staffing yang pertama adalah employee records yaitu proses pencatatan biodata driver yang telah resmi bekerja di Go-Jek. Data para driver tersebut akan dimasukkan kedalam database perusahaan. Yang kedua adalah workforce planning / scheduling merupakan program yang terintegrasi antara perusahaan dan driver melalui aplikasi dimana akan ada jadwal orderan penumpang yang telah masuk akan dikirimkan ke aplikasi yang digunakan oleh driver.

Dalam tahap training & development yang pertama adalah skil assesment yaitu saat pertama kali driver diterima, setelah mengikuti pelatihan mereka akan diberikan test melalui komputer yang berisi pertanyaan tentang tata cara mengemudi, rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya. Yang kedua adalah performance evaluation yaitu proses evaluasi para driver melalui saran dan keluhan dari konsumen yang disampaikan melalui email perusahaan.

E-DISTRIBUTION

Saluran Distribusi Jasa yang GOJEK gunakan adalah saluran langsung karena jasa yang gojek lakukan adalah jasa murni (Pure Service) merupakan jasa yang tergolong High Contact jadi jasa ini tidak memerlukan saluran distribusi yang sampai memerlukan saluran satu tingkat ataupun saluran dua tingkat, karena jasa yang gojek tawarkan ini sangat memberikan kemudahan kepada konsumen mulai dari jasa antar jemput, kurir instan, dan personal shopping. Pelanggan tinggal memesannya lewat handphone maka gojek akan datang menghampiri konsumen/pelanggan tersebut dan langsung dapat menikmati jasa yang kami tawarkan.

E-PAYMENT

Sistem pembayaran driver gojek dihitung dengan persentase 80% untuk Driver Gojek dan 20% untuk perusahaan.

Sistem online berbasis aplikasi gojek juga menggunakan 2 metode pembayarandalam pemakaiannya yang bisa dipilih oleh pelanggan. Yaitu:

  1. Tunai

Dengan metode pembayaran tunai, pelanggan bisa membayar secara langsung ke driver gojek setelah sampai tujuan atau lokasi yang gituju pelanggan.

  1. Go-Pay

Dengan metode pembayaran Go-Pay atau Kredit, pelanggan hanya tinggal menikmati transpotasi online atau jasa Gojek tanpa harus mengeluarkan uang didompet. Secara otomatis saldo driver penerima order akan bertambah di aplikasi gojek.

Sistem akuntansi dari Go-Jek menggunakan software akuntansi. Sistem akuntansi dari Go-Jek tersusun dari diantaranya fasilitas order processing yaitu fasilitas yang memungkinkan untuk konsumen melakukan pemesanan jasa, kemudian data yang telah diperoleh dari form yang tertera akan menentukan jumlah pembayaran. Jumlah pembayaran tersebut termasuk ke dalam fasilitas billing yang kemudian akan dibukukan menjadi general ledger. Bukti dari pembayaran yang telah dilakukan oleh konsumen akan tertera pada cash receipt yang kemudian akan terakumulasikan pada general ledger. Pemesanan yang dilakukan oleh konsumen terhadap mitra dari Go-Jek akan masuk ke dalam sistem cash disbursement-account payable tergantung kepada jenis pembagian untung yang telah disepakati oleh pihak Go-Jek dan mitra yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang telah masuk ke dalam perjanjian kedua belah pihak akan termasuk ke dalam sistem general ledger Go-Jek.

Hal yang merupakan perbedaan dari Go-Jek dan perusahaan pelayanan jasa lainnya terletak pada mekanisme pembayaran upah atau gaji dari driver. Pembagian upah terbagi menjadi 80% yang diberikan kepadadriver dan 20% yang masuk ke dalam keuntungan perusahaan. Upah yang merupakan hak driver dapat diperoleh secara harian atau bulanan tergantung kepada keinginan.      Seluruh arus kas yang telah dicatat di general ledgerakan dituang ke dalam financial reporting.

Dalam menggunakan layanan jasa Go-Jek konsumen diwajibkan melakukan top-up melalui bank yang telah bekerjasamadengan minimal jumlah uang yang di top-up sebesar Rp 100.000,-. Selanjutnya uang yang telah masuk akan dicatat kedalam database perusahaan sesuai dengan akun pengguna. Go-Jek menggunakan aplikasi secara realtime dalam menghitung jumlah argo per transaksinya. Jumlah transaksi yang masuk akan diakumulasikan di dalam database dan secara langsung, uang yang telah di top-up akan terpotong secara otomatis sesuai dengan jumlah nominal transaksi. Selanjutnya, perusahaan akan langsung membagi pendapatan dengan driver sesuai kesepakatan presentase yakni 80% untuk pihak driver dan 20% untuk pihak perusahaan. Hal tersebut dilakukaan karena Go-Jek tidak menerapkan sistem penggajian bulanan.

E-CRM

CRM berkaitan dengan kegiatan penjualan terpadu, marketing dan strategi pelayanan kepada pelanggan. Melalui CRM Go-Jek menggunakan layanan aplikasi dan website pelanggan yang ada saat ini untuk dapat meningkatan pendapatan perusahaan melalui penjualan jasa layanan, memberikan layanan prima, sekaligus memperkenalkan tata cara transaksi yang telah dibuat perusahaan. CRM Go-Jek dilakukan untuk membina dan menjaga hubungan baik antara pelanggan dengan pihak manajemen.Pemahaman yang mendalam terhadap pelanggan akan mampu menghasilkan respon yang cepat terhadap perubahan preferensi konsumen sehingga akan mampu meningkatkan pendapatan perusahaan. Untuk mendukung CRM, Go-Jek senantiasa memberikan frequent-flyer dalam dua bahasa yang berisi tentang informasi-informasi terkini perusahaan kepada pelanggan yang loyal melalui e-mail. Hal ini selain bersifat apresiasi juga bersifat marketing dan pengelolaan loyalitas pelanggan. Kegiatan yang berhubungan dengan CRM pada perusahaan ini adalah dengan penggunaan sistem informasi (website) yang bisa diakses oleh semua kalangan tanpa batas, mulai dari penyediaan informasi perusahaan, produk, forum diskusi antara pelanggan dengan pihak manajemen sampai pada proses pemesanan.

Aplikasi CRM pada perusahaan Go-Jekantara lain meliputi kegiatan sebagai berikut:

  1. Contact and Account Management

Manajemen kontak dan akun pada Go-Jek Indonesiamenggunakan sistem database, website, email, facebook, Instagram, twitter dan nomertelepon yang sudah tertera di website. Selain itu akun konsumen juga disimpan dalam database yang nantinya akan mempermudah pihak manajemen perusahaan dalam memberikan informasi terbaru yang biasanya diupdate ke email para konsumen.

2. Sales

Untuk melakukan pemesanan jasa Go-Jek dilakukan via aplikasi yang terhubung melalui internet. Pelanggan memesandengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone android ataupun ios.

3. Marketing and fulfillment

Pemasaran dan pemenuhan pemesanan jasa dapat dilakukan melalui aplikasi. Selain itu perusahaan juga melakukan promosi di media massa (koran, majalah) maupun elektronik (website, social media, telepon, email,) serta melalui jaringan kemitraan perusahaan.

4. Customer Service and Support

Layanan dan dukungan untuk pelanggan saat ini baru disediakancall centersaja. Seharusnya disediakan juga forum untuk diskusi antara konsumen dengan pihak manajemen perusahaan melalui website

5.  Retention and Loyalty Program

Program retensi dan loyalitas yang diterapkan olehGo-Jek adalah dengan memberikan frequent flyer yang berisi mengenai informasi-informasi terkini tentang perusahaan kepada para konsumen yang senantiasa loyal menggunakan jasa perusahaan.

 

Nama: Dhea Nur Fitrianti

Nim: 1401154393

Kelas: MB3804

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar